Penemuan Partikel Atom

J. Dalton dalam teori atomnya menyatakan: bahwa atom merupakan partikel terkecil dari suatu materi yang berbentuk seperti bola pejal dan tidak dapat dibagi-bagi lagi. Reaksi kimia terjadi karena penggabungan atau pemisahan atom, membentuk molekul unsur dan molekul senyawa. Dalton tidak menjelaskan, bagaimana sebenarnya atom-atom itu bisa bersenyawa. Masalah ini menjadi tantangan bagi ilmuwan kimia abad ke-19, apakah atom merupakan partikel terkecil dari suatu materi, ataukah ada partikel lain pembentuk atom?

Istilah atom berasal dari bahasa Yunani yang berarti tidak dapat dibagi. Keadaan atom sesungguhnya sangat sukar diungkapkan hanya dalam bentuk gambar. Penggambaran atom dengan suatu model dapat membantu untuk mempelajarinya. Pengetahuan para ahli dalam atom bukan berdasarkan pengamatan langsung pada objeknya karena atom terlalu kecil untuk diamati. Bahkan dengan mikroskop sekalipun. Diameter atom berukuran antara 30 sampai 150 pikometer (1 pikometer = 10 -10 m). Jadi, model atom merupakan perwakilan dari benda aslinya dan hanya perkiraan para ahli berdasarkan temuan dalam eksperimen. Oleh karena itu, perkembangan model atom mengalami perkembangan sesuai dengan temuan-temuan baru.

selengkapnya download disini

Add Comment Register

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>